KEWIRAUSAHAAN: MENCIPTAKAN PRODUK, BUKAN MENGIKUTI PASAR

KEWIRAUSAHAAN: MENCIPTAKAN PRODUK, BUKAN MENGIKUTI PASAR

19
0

Semarang. Program Studi S1 Akuntansi menggelar kegiatan Kuliah Pakar Kewirausahaan sebagai rangkaian dari kegiatan pelaksanaan Inkubasi Bisnis Mahasiswa Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Batch II Tahun 2022. Bertempat di Ruang Aula Lantai 7 Gedung Kuliah Bersama Satu (GKB I), kegiatan digelar pada hari Jumat, 23 September 2022 dengan mengangkat tema “Build Creative Product by Design Thinking”.

Dihadiri sejumlah 37 peserta inkubasi bisnis dan 70 mahasiswa semester V mata kuliah Kewirausahaan, kegiatan ini bertujuan motivasi untuk berwirausaha dan bagaimana membangun tata kelola yang baik sehingga usaha yang dirancang mahasiswa bisa berkelanjutan.

Dalam pemaparannya, Bambang Supradono, S.T., M.Eng. (Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kota Semarang) selaku narasumber menyampaikan tantangan terbesar saat ini adalah bonus demografi dimana mahasiswa dihadapkan pada pilihan untuk menjadi generasi tangguh, generasi strawberry atau generasi sandwich, menjadi seorang entrepreneur berarti harus siap menjadi sengsara, siap bekerja keras dan berpikir kreatif menciptakan sesuatu yang baru. Orang yang sukses adalah orang yang mampu mengambil keputusan besar dan entrepreneurship mampu mewujudkan peluang-peluang itu. Melalui kewirausahaan mahasiswa dituntut untuk menciptakan produk bukan justru mengikuti pasar, dimana produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan pasar yang memungkinkan kesejahteraan bagi masyarakat.