ENTREPRENEURSHIP, PELUANG KERJA YANG TIDAK TERBATAS

ENTREPRENEURSHIP, PELUANG KERJA YANG TIDAK TERBATAS

23
0

Semarang. Rabu (28/09) sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan Inkubasi Bisnis PPKM Batch II Tahun 2022, Program Studi S1 Akuntansi mengadakan Kuliah Pakar Kewirausahaan ke-2 secara daring dengan mengambil tema “Gen Z Preneur: Rise Above Adversity”. Dalam kesempatan ini turut mengundang Bagas Alimpad Panggrahita Purwateksa, Owner Dewa Snack sebagai narasumber.

Enterpreneurship memiliki peluang kerja yang tidak terbatas, semakin kreatif seseorang semakin banyak produk yang akan dihasilkan. Bagas menjelaskan sebelum memulai bisnis perlu menuntaskan faktor internal dan eksternal. Gali yang menjadi “strong why” bukan sekedar untuk alasan bermanfaat atau mengisi waktu luang, tetapi perlu dijelaskan alasan yang spesifik misalnya dengan menyebutkan nominal yang ingin dihasilkan. Selain itu, faktor penting lainnya yaitu mengkomunikasikan alasan berwirausaha dengan orang tua untuk mencari ridho mereka.

Bagas membagi tipsnya dalam memulai bisnis ala mahasiswa yang terkendala modal usaha yaitu menjadi reseller. Dari usaha ini, trial diri kita dengan berjualan mencari customer sebanyak mungkin. jika modal sudah terkumpul tawarkan produk yang kita miliki ke mereka. Selain itu, pilih tempat magang dengan skala UMKM, karena dari sana akan banyak ilmu yang didapat. Sebagai penutup kegiatan kuliah pakar, Bagas menyampaikan nasehat “lebih baik mengorbankan masa muda kita dibanding masa dengan kita”.