“Communication Skill in Digital, Social and Visual Media”

“Communication Skill in Digital, Social and Visual Media”

21
0

Communication skill menjadi suatu tuntutan yang wajib dipenuhi dalam persaingan di era digital, hal tersebut menjadi penting untuk menghindari kesalahan penyampaian dalam forum. Communication skill diperlukan untuk berbicara secara tepat dengan berbagai karakter orang dengan tetap mempertahankan kontak mata yang baik, mendemonstrasikan beragam kosa kata dan menyesuaikan bahasa yang digunakan dengan audiens, mendengarkan secara efektif, mengemukakan ide-ide dengan tepat, menulis dengan jelas dan ringkas, dan bekerja dengan baik dalam kelompok.

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu modal penting di dunia kerja. Berbagai keputusan yang diambil akan melalui tahap komunikasi kepada lainnya. Istilah itu dikenal dengan komunikasi bisnis, bila diterapkan dapat menjadi landasan kerja tim dan kepemimpinan yang baik. Khususnya dalam bisnis, kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide dengan dengan jelas itu perlu dimiliki. Terlebih dalam dunia bisnis perkembangannya cukup kompleks dan dinamis dari sebelumnya. Oleh karena itu, skill dalam komunikasi bisnis harus dikuasai.

Melihat urgensi tersebut, Program Studi S1 Akuntansi melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Batch II Tahun 2022 menyelenggarakan kegiatan Kuliah Pakar mengenai Communication Skill in Business, bertempat di Ruang Aula Gedung Kuliah Bersama II pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Pada sesi pertama, menghadirkan narasumber yaitu Dr. Hendi Pratama, S.Pd, M.A. yang membawakan sub tema Strategies for Business Communication on Social Networks. Founder EDUTRANS.ID sekaligus Dosen di Universitas Negeri Semarang ini menekankan pentingnya kemampuan bisnis bagi entrepreneur sebagai bentuk penyampaian ke publik bahwa bisnis kita “ada” sehingga mereka “dianjurkan” membeli produk/jasa dari kita. Kemampuan komunikasi bisnis yang baik juga membantu dalam membangun reputasi dan kualitas diri.

Kuliah Pakar Sesi ke-2

Masih di tempat yang sama, sesi selanjutnya kegiatan Kuliah Pakar diisi oleh Marjoko, S.T., M.B.A., M.Sc. founder dari RumahUMKM.net yang membawakan sub tema Creating Product That Satisfy Customer Through Branding & Packaging. Menurutnya, branding adalah proses membangun dan mengembangkan ulang berbagai elemen brand identity. Dengan adanya komunikasi (branding) yang bagus dengan didukung oleh produk, service, dan pengelolaan bisnis yang baik, maka mudah dalam mencapai sebuah “good perception”, sehingga tujuan akhir dari membangun brand juga tercapai yaitu “customer loyalty”. Branding membantu customer mengindentifikasi suatu produk atau jasa dan sebagai pembeda dengan kompetitor di dalam industri yang sama.

Dalam strategi branding, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menyelaraskan packaging atau kemasan produk. Packaging merupakan salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Bila packaging produk terlihat menarik dan memilik karakter yang kuat, besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat dengan produk tersebut. Didalam packaging terdapat informasi-informasi yang bisa dijadikan acuan bagi pelanggan, sehingga pelanggan akan memanfaatkan produk dengan benar dan membantu membangun customer experience yang positif.