Tingkatkan Mutu Akademik dan Internasionalisasi, FE Unimus Jalin Kerjasama dengan USIM Malaysia

Tingkatkan Mutu Akademik dan Internasionalisasi, FE Unimus Jalin Kerjasama dengan USIM Malaysia

0

REPOSTED BY HUMAS UNIMUS
https://unimus.ac.id/?p=44511

Semarang | Tuntutan persaingan di era globalisasi memerlukan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, professional dan handal untuk menghasilkan sistem Pendidikan Tinggi yang bermutu. Peran strategis harus dilaksanakan dengan sejumlah tantangan baik yang berasal dari internal maupun lingkungan eksternal. Tantangan internal Perguruan Tinggi terutama berasal dari tata kelola yang dilakukan sesuai standar Perguruan Tinggi yang baik (Good University Governance). Tantangan eksternal berupa semakin kritisnya masyarakat terhadap Perguruan Tinggi, jumlah Perguruan Tinggi yang terus bertambah, biaya Pendidikan Tinggi semakin meningkat, revolusi besar di bidang teknologi yang berdampak revolusioner terhadap sistem pengajaran dan bagaimana mahasiswa belajar, sementara dukungan politik dan keuangan terhadap Pendidikan Tinggi semakin berkurang. Menghadapi tantangan tersebut, Perguruan Tinggi di Indonesia harus terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas dan relevansinya dengan cara menjalin kerjasama baik nasional maupun internasional.

Kerja sama sesama Perguruan Tinggi ataupun dengan lembaga lain sangat penting bagi pembangunan mutu Pendidikan. Kerjasama pendidikan tersebut akan memberikan peluang bagi Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperluas akses dan memperkuat jejaring antar Perguruan Tinggi nasional dan internasional. Kerja sama tersebut juga akan berdampak pada perluasan wawasan kebangsaan bagi sivitas akademika Perguruan Tinggi, meningkatan sinergi antara Perguruan Tinggi, meningkatkan efisiensi sumberdaya untuk pembelajaran dan riset, serta meningkatkan standar mutu Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan jumlah kerjasama riset yang bersifat multi dan lintas-disiplin dengan Perguruan Tinggi lain dan meningkatkan jumlah publikasi Internasional Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang melalui tim IRO (Lembaga Kerjasama, Kehumasan Keprotokoleran dan Urusan Internasional) menyelenggarakan kegiatan “Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang dengan Rektor Universitas Sains Islam Malaysia”  pada hari Rabu (13/4/2022) yang dilaksanakan secara Daring dan disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom Meeting dari Ruang Aula lantai 8 Gedung Kuliah Bersama (GKB) I Unimus. Diharidiri Oleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) Dekan (Dr. Haerrudin, M.Si), Kepala Program Studi, Dosen dan Sivitas Akademika dilingkungan FE Unimus, serta diikuti oleh Profesor Dato’ Dr. Mohamed Ridza Wahiddin, Naib Canselor USIM beserta jajarannya.

Kerja sama dengan mitra luar negeri bertujuan untuk meningkatkan mutu akademik Universitas dan sumber daya yang kompetitif dalam membangun kebersamaan regional dan Internasional untuk pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi. “Kami sangat senang bisa diterima untuk melakukan pennadatanganan MoU antara Unimus dengan USIM Malaysia, dengan harapan melalui kerjasam aini akan ada kelanjutan yang dapat dijalankan dalam bentuk kolaborasi baik dalam bidang penyelenggaraan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, publikasi hasil riset, seminar (conference International/Call for paper) dan bentuk-bentuk kerja sama, serta kegiatan akademik lain yang di anggap perlu dan bermanfaat bagi pengelolaan dan pengembangan Universitas juga Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang” tutur Prof. Masrukhi dalam memberikan sambutannya.