Pengabdian Masyarakat Umum (PEMSU) “Pengolahan Jambu Kristal dan Pendampingan Manajemen Produksi”

Pengabdian Masyarakat Umum (PEMSU) “Pengolahan Jambu Kristal dan Pendampingan Manajemen Produksi”

0

Pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sebagai bentuk keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan dan upaya meningkatkan kualitas kehidupan melalui proses pemberdayaan potensi masyarakat. Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi berkesempatan untuk kolaborasi dengan S1 Teknologi Pangan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA AKSI) beserta Dinas Pertanian Kota Semarang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Kegiatan pengabdian masyarakat umum (PEMSU) mengambil tema “Pengolahan Jambu Kristal dan Pendampingan Manajemen Produksi”.

Kegiatan PEMSU dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan yaitu agenda pertama, Pembukaan dan Penyampaian Materi pada hari Sabtu (25/06/22) bertempat di Agro Plalangan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang; agenda kedua, Penyampaian Materi dan Pendampingan Pengolahan Keripik Jambu Kristal pada hari Sabtu (02/07/22) bertempat Agro Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang; dan agenda ketiga Serah Terima Barang “Mesin Spinner Peniris Minyak” dan Penutupan Kegiatan PEMSU pada hari Jumat (15/07/22) bertempat di Agro Plalangan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.

Tujuh orang dosen terlibat dalam kegiatan ini antara lain Dr. Haerudin, MT (Dekan FE), R. Ery Wibowo Agung Santosa, S.E., M.Si., Ak (Dosen S1 Akuntansi), Dr. Fatmasari Sukesti, S.E., M.Si (Ka. Prodi S1 Akuntansi), Dr. Nurhidajah, S.TP., M.Si (Ka. Prodi S1 Teknologi Pangan), Diode Yonata, S.TP., M.TP (Dosen S1 Teknologi Pangan), Alwiyah, S.E., M.Si (Sekretaris Prodi S1 Akuntansi), dan Ayu Noviani Hanum, S.E., M.Si, Akt (Dosen Prodi S1 Akuntansi).

Kegiatan PEMSU ini diharapkan bisa memfasilitasi Kelompok Tani “Dewi Sri” Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang dalam memanfaatkan hasil pertanian khususnya jambu kristal dan mampu mengolahnya menjadi produk olahan keripik jambu kristal yang bernilai jual tinggi. Besar harapan dari kegiatan ini, produk keripik jambu kristal yang Kelompok Tani “Dewi Sri” hasilkan bisa menjadi salah satu oleh-oleh ikonik Kota Semarang.