S1 Akuntansi | Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEB UNIMUS dengan (YunTech) Taiwan Menandatangani MoA

Taiwan | Tuntutan persaingan di era globalisasi memerlukan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, professional dan handal untuk menghasilkan sistem Pendidikan Tinggi yang bermutu. Peran strategis harus dilaksanakan dengan sejumlah tantangan baik yang berasal dari internal maupun lingkungan eksternal. Tantangan internal Perguruan Tinggi terutama berasal dari tata kelola yang dilakukan sesuai standar Perguruan Tinggi yang baik (Good University Governance). Tantangan eksternal berupa semakin kritisnya masyarakat terhadap Perguruan Tinggi, jumlah Perguruan Tinggi yang terus bertambah, biaya Pendidikan Tinggi semakin meningkat, revolusi besar di bidang teknologi yang berdampak revolusioner terhadap sistem pengajaran dan bagaimana mahasiswa belajar, sementara dukungan politik dan keuangan terhadap Pendidikan Tinggi semakin berkurang. Menghadapi tantangan tersebut, Perguruan Tinggi di Indonesia harus terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas dan relevansinya dengan cara menjalin kerjasama baik nasional maupun internasional. Kerja sama sesama Perguruan Tinggi ataupun dengan lembaga lain sangat penting bagi pembangunan mutu Pendidikan. Kerjasama pendidikan tersebut akan memberikan peluang bagi Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperluas akses dan memperkuat jejaring antar Perguruan Tinggi nasional dan internasional. Kerja sama tersebut juga akan berdampak pada perluasan wawasan kebangsaan bagi sivitas akademika Perguruan Tinggi, meningkatan sinergi antara Perguruan Tinggi, meningkatkan efisiensi sumberdaya untuk pembelajaran dan riset, serta meningkatkan standar mutu Perguruan Tinggi. Penandatanganan Kerja Sama (MoA) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMUS dengan Graduate School of Technological and Vocational Education National Yunlin University of Science and Technology (YunTech). Kerja sama dengan mitra luar negeri bertujuan untuk meningkatkan mutu akademik Fakultas dan sumber daya yang kompetitif dalam membangun kebersamaan regional dan Internasional untuk pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi. Dengan harapan melalui kerjasam aini akan ada kelanjutan yang dapat dijalankan dalam bentuk kolaborasi baik dalam bidang penyelenggaraan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, publikasi hasil riset, seminar (conference International/Call for paper) dan bentuk-bentuk kerja sama, serta kegiatan akademik lain yang di anggap perlu dan bermanfaat bagi pengelolaan dan pengembangan Universitas juga Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.

FEB Unimus dengan PCIA Taiwan, Gelar Workshop Model Manajemen Keuangan dan Kesehatan Mental di Taiwan

Taiwan | Minggu 9 November 2023, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Ismewa Aisyiyah (PCIA) Taiwan telah berhasil menyelenggarakan workshop internasional dengan tema “Model Manajemen Keuangan dan Kesehatan Mental bagi Pekerja dan Mahasiswa Indonesia di Taiwan”. Acara ini digelar di Conference Hall lantai 1, Departemen Teknik Kimia, National Cheng Kung University (NCKU), Taiwan pukul 09.00 pagi waktu setempat. Acara ini dihadiri oleh peserta baik dari mahasiswa, pekerja migran, serta pemangku kepentingan terkait. Selaku pemantik Dr. Fatmasari Sukesti, S.E., M.Si (Kaprodi S1 Akuntansi) dan Edy Purwanto, S.E., M.M (Kaprodi S1 Manajemen) mmeberikan pengetahuan terkait perencanaan keuangan dan juga strategi pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Sementara itu, Dr. Ns. M. Fatkhul Mubin, S.Kep., M.Kep., Sp.Jiwa. dan Ns. Desi Ariana Rahayu, M.Kep., Sp.Kep., Sp.Jiwa memberikan wawasan yang mendalam mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. Hal ini perlu dilakukan karena pada zaman ini kesehatan mental sedang menjadi trend yang sangat terkini baik bagi para mahasiswa ataupun para pekerja. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ilmu yang sudah disampiakan oleh pemateri dapat berguna bagi para peserta serta semakin merekatkan hubungan yang ada antara FEB Unimus dengan PImpinan Cabang Ismewa Aisyiyah (PCIA) Taiwan.

Dua mahasiswa Program Studi Akuntansi Unimus Lolos Perlombaan di Tingkat Nasional, KMI Expo XIV yang berlangsung di Bali.

Bali | Senin s.d Sabtu, 13 – 18 November 2023 di Universitas Pendidikan Ganesha, Jalan Udayana No. 11, Singaraja-Bali KMI XIV Tahun 2023 diadakan. Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) merupakan program Ditjen Dikti Kemendikbudristek untuk mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Dalam program ini tim usaha yang dibimbing oleh Ibu Ayu Noviani Hanum, S.E., M.Si (Dosen Akuntansi Unims) dan diketuai langsung oleh Wakhidah Aminatuzzahro’ dan 2 anggota yaitu Elok Nur Fadhila Rukmawati serta satu mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pangan Fadila Yustiana yang merupakan mahasiwa dari semester 7. Tim usaha yang dinamai dengan Sweetnest.bite ini mengusung pembuatan produk makanan berupa millescripe yang berinovasi dnegan pemanis alami yaitu daun stevia. Setelah tim ini lolos sebagai penerima dana hibah P2MW, tim ini mampu lolos ke KMI Expo XIV Tahun 2023 mewakili Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang di kancah nasional.  KMI Expo adalah tempat bertemunya wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetensi, mengenalkan produknya dan juga membangun jejaring. Kegiatan KMI Expo XIV Tahun 2023 akan menjadi platform bagi para mahasiswa muda untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan best practices dalam menghadapi tantangan di era distruption serta mendorong terciptanya jaringan kolaborasi antara para wirausaha muda dengan pemangku kepentingan terkait seperti investor, mentor, dan apak industri. Program Studi Akuntansi dalam pembelajarannya selalu menanamkan mindset pada mahasiswa bahwasannya seorang mahasiswa tidak harus selalu mencari lapangan pekerjaan ketika sudah lulus kuliah tetapi juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satu bukti nyatanya yaitu terdapat mata kuliah kewirausahaan yang mewajibkan semua mahasiswa Akuntansi membuat produk dan menjual serta mengelola usahanya sendiri selama satu semester pembelajaran kuliah. Ibu Ayu Noviani HAnum, S.E., M.Si selaku Dosen Pembimbing Sweetnest.bite Millescripe dan Ibu Dr. Testiana Deni Wijayaningsih selaku dua dosen yang mendampingi 2 Tim yang lolos mewakili Universitas Muhammadiyah Semarang di KMI Tahun 2023.

Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan, Program Studi Akuntansi adakan Program Teaching Collaboration

Semarang, Mulai 25 September 03 November 2023 Bertempat di Gedung Kuliah Bersama Lantai 3. Program Teaching Collaboration dilaksanakan. Program ini merupakan upaya untuk mendorong kolaborasi antara dosen di Program Studi S-1 Akuntansi dengan praktisi ahli sehingga terciptanya pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang diajar dalam ruang kelas yang direncanakan dilaksanakan secara luring maupun daring. . Dengan adanya kolaborasi tersebut mahasiswa akan semakin kaya akan ilmu pengetahuan secara teori dan praktik serta mendapatkan informasi yang mutakhir dalam DUDI. Serta diharapkan mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan kecakapan yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan di dunia kerja. Selain itu, tujuan program ini dapat menutup kesenjangan kompetensi lulusan antara PT dan DUDI, meningkatkan kolaborasi PT dan DUDI dan mempersiapkan SDM unggul untuk Indonesia Maju. Dalam program ini Program Studi S-1 Akuntansi akan berkolaborasi dengan Kantor Akuntan Publik (KAP), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Bank Syariah Indonesia, Bank Jateng Syariah, dan DJP, KPP dan beberapa perusahaan BUMN. Tujuan dari Program Kolaborasi antara dosen di Program Studi S-1 Akuntansi dan praktisi ahli dari berbagai instansi, pengetahuan praktis mahasiswa terhadap industri dan kesenjangan antara perguruan tinggi dengan DUDI. Sasaran pada Program “Teaching Collaboration : Praktisi Mengajar Kemitraan Dengan DUDI” ini yaitu Mahasiswa semester III ( Tiga ) dan V ( Lima ) yang telah mengambil Mata Kuliah Akuntansi Aset, Manajemen Perpajakan, Akuntansi Liabilitas dan Equitas, Siklus Audit pada Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Semarang. Berikut ini dosen praktisi yang berkontribusi dalam kegiatan ini :

Mendukung Pengembangan Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project, Dosen Akuntansi Unimus Mengikuti Pelatihan AA dan Pekerti Serta Sertifikasi Kompetensi

Semarang, Mulai Mei – September 2023, Dosen Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang mengikuti Pelatihan Pekerti dan AA. AA atau Applied Approach merupakan program pelatihan yang mengembangkan kemampuan dosen dalam melaksanakan mutu pembelajaran, etika moral dalam pembelajaran, manajemen mutu terpadu, konstruktivisme dalam pembelajaran rekonstruksi mata kuliah, penulisan bahan ajar, konsep dasar dan paradigma pengembangan kurikulum, model – model pembelajaran aktif dan inovatif, evaluasi PBM dan assessment alternative. Sertifikasi kompetensi dosen dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan spesifik pada suatu bidang ilmu. Tujuan dari Program “Pengembangan Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik dalam Mendukung Pengembangan Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project ( Pelatihan AA dan Pekerti )” ini yaitu : Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa agenda antara lain sebagai berikut ini : Sasaran pada Program “Pengembangan Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik dalam Mendukung Pengembangan Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project (Pelatihan AA dan Pekerti)” ini yaitu Dosen NIDN dan NIDK pada Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Semarang. Terdapat 1 Dosen pada Program Studi S1 Akuntansi yang mengikuti Pelatihan Pekerti dan 13 Dosen mengikuti Pelatihan AA ini antara lain sebagai berikut ini :